Rabu, 10 Desember 2014

Merawat Gigi Anak Sejak Dini




Perawatan dan pemeliharaan kesehatan gigi pada anak sejak dini adalah waktu yang tepat. Orang tua memegang peranan yang penting dalam kesehatan anak, termasuk kesehatan gigi. Kesehatan gigi tidak kalah pentingn dibanding dengan kesehatan tubuhnya. Pada usia 0 – 7 tahun anak mengalami beberapa fase pertumbuhan gigi. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari orang tua untuk menjaga kesehatan gigi anak Anda :
  • Sebelum gigi tumbuh, biasakan membersihkan lidah dan bagian dalam mulut anak dengan alat yang dijual di apotik, atau anda dapat menggunakan jari anda yang telah dibungkus dengan kasa steril yang dibasahi dengan air putih yang matang, kemudian usapkan dengan lembut ke lidah dan bagian dalam pipi anak.
  • Saat gigi pertama muncul, gunakan sikat gigi khusus yang  terbuat dari karet yang lembut untuk menyikat giginya. Pada tahap ini tidak perlu menggunakan pasta gigi, cukup sikat 2 kali sehari.
  • Pada saat anak sudah berusia di atas 2 tahun, perkenalkan anak dengan pasta gigi yang formulasinya sudah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak berbahaya bila tertelan oleh anak.
  • Sikatlah gigi anak Anda, bila mereka belum mampu melakukannya sendiri. Bila anak Anda sudah dapat melakukannya sendiri, orang tua tetap harus mengawasinya untuk memastikan sudah tepat atau belum cara menyikat gigi.
  • Hindari memberikan minuman gula dalam botol (susu botol) kepada bayi atau anak Anda menjelang tidur. Bila anak Anda sulit tidur tanpa ngedot, Anda bisa menggantinya dengan air. Karena hal ini dapat menyebabkan karies atau lubang pada gigi. Karies ini sering terjadi pada gigi depan anak.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan gigi anak Anda secara teratur ke dokter gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali.
PRAKTEK DOKTER GIGI
drg. RUDI RAHARJO & drg. MAIRA KADURI
Jl. Mulawarman RT.02 No.58 (depan Palmcourt Batakan) Balikpapan
HP. 085245529752
WhatsAp.
085299469343


Tidak ada komentar:

Posting Komentar