Senin, 15 Desember 2014

SARAN SETELAH TINDAKAN PENCABUTAN GIGI


Setelah tindakan pencabutan gigi, dokter gigi akan memberikan saran apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh pasien agar kondisi jaringan segera pulih dan mencegah terjadinya komplikasi. Secara umum, saran tersebut adalah sebagai berikut:

Hal-hal yang dilakukan pasca pencabutan gigi :
1.    Setelah pencabutan, umumnya pasien diminta menggigit kasa steril (tampon), pastikan menggigit dengan tekanan yang cukup kuat selama kurang lebih 30-45 menit untuk mengurangi perdarahan.Bilamana setelah 30-45 menit perdarahan tidak berkurang, jangan panik! Ambil kapas steril kemudian gigit lagi selama 30-45 menit batau kompres dengan air dingin.
2.    Bila diberi obat penahan sakit dan antibiotik, minumlah sesuai petunjuk dokter. Antibiotik harus dihabiskan walaupun gigi sudah tidak terasa sakit.Sebaliknya, obat penahan sakit dapat dihentikan bila sakit mereda.
3.    Hindari menyikat gigisegera pasca pencabutan. Kebersihan daerah operasi dapat dijaga dengan sesekali berkumur menggunakan air garam hangat (1 sendok teh garam untuk 1 gelas air), berkumurlah dengan hati-hati/tanpa tekanan karena tekanan dapat menyebabkan lubang bekas operasi terbuka lagi dan terjadi perdarahan. Setelah 24 jam boleh menyikat gigi namun tanpa tekanan di sekitar area yang dicabut.
4.    Hindari merokok karena dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga dapat memperlambat penyembuhan.
5.    Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi karena makanan dan minuman yang sehat sangat penting untuk proses penyembuhan.
6.    Jika terjadi pembengkakan pada pipi, sebaiknya dikompres dengan air (suhu normal). Jika tidak ada pembengkakan, rahang dapat dikompres dengan kompres hangat, untuk menstimulasi peredaran darah dan dapat mempercepat penyembuhan.
7.    Mengunyah makanan di daerah yang tidak dicabut (sisi seberang).
8.    Jangan berkendara, kurangi aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pasca pencabutan gigi :
1.    Merokok
2.    Berkumur/sering meludah pada 24 jam pertama.
3.    Meraba/memain-mainkan lidah/jari di daerah bekas pencabutan.
4.    Melakukan hal yang bisa merusak gumpalan darah yang terjadi di dalam soket /bekas pencabutan gigi.
5.    Menghindari latihan untuk 12-24 jam pertama dan mengangkat beban yang berat selama 2-3 hari.
6.    Minum alkohol terutama 24 jam pertama.
7.    Makan makanan yang keras dan lengket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar