Kamis, 11 Desember 2014

TIPS PERTOLONGAN PERTAMA BILA SAKIT GIGI


Sakit gigi emang sangat mengganggu.. Meskipun sakit gigi dalam skala ringan sering diabaikan, sewaktu-waktu dapat terjadi kondisi darurat yang menuntut penanganan segera. Rasa nyeri pada gigi akan terasa sangat mengganggu, terkadang rasa sakit pada gigi tersebut muncul pada saat-saat kita membutuhkan istirahat atau tidur dan betapa menyebalkannya hal tersebut. Apabila sakit gigi datang pada waktu tengah malam atau di hari libur, tentu saja kita perlu melakukan pertolongan pertama sebagai solusi sementara saat tidak mungkin mencapai dokter gigi. Berikut tips pertolongan pertama bila sakit gigi:
1.   Kumur-kumur air garam hangat atau obat kumur antiseptik. Telah terbukti air garam hangat memiliki efek antiseptik atau mematikan kuman.
2.    Sikat gigi perlahan hingga bersih di area yang sakit
3.   Minum obat-obat pereda nyeri, biasanya yang cukup ampuh meredakan sakit gigi dan beredar bebas di pasaran adalah obat-obat golongan asam mefenamat dan kalium diklofenak.
4.  Jangan serta merta minum antibiotik. Konsumsi antibiotik harus dilakukan secara bijaksana dan sesuai kebutuhan. Tidak semua sakit gigi memerlukan antibiotik dan hanya antibiotik golongan tertentu yang bisa mematikan kuman pada gigi.
5.    Bila sakit gigi terjadi karena lubang dan tidak terlihat adanya bengkak di gusi atau area pipi didekatnya, salah satu cara yang mungkin bisa meredakan nyeri adalah ambil kapas dan bulatkan kecil lalu teteskan minyak cengkeh di kapas tersebut. Setelah itu masukkan kapas ke lubang gigi (minyak cengkeh diketahui mengandung zat yang dapat meredakan nyeri akibat radang pada gigi).
6.    Bila terdapat bengkak di pipi atau area sekitar mulut, jangan gunakan koyo karena bisa berakibat timbulnya fistula (semacam bisul) di pipi yang akan sulit hilang bekasnya setelah bengkak hilang
7.    Bila sakit terutama terjadi saat menggigit, hindari makanan yang keras dan mengunyah di sisi tersebut.
Apabila dengan hal-hal tersebut di atas rasa nyeri terus berlangsung, segera ke dokter gigi untuk memperoleh penanganan darurat untuk mengatasi nyeri gigi. Sakit pada gigi atau gusi kebanyakan menandakan adanya proses radang atau infeksi sehinggga segeralah periksakan ke dokter gigi untuk mengetahui tindakan pengobatan apa yang harus dijalani sebelum infeksi semakin bertambah parah atau terjadi terus-menerus.
Untuk konsultasi lebih lanjut atau pertanyaan bisa langsung comment di bawah ini atau hubungi drg. Rudi Raharjo 085245529752 / Whatsap. 085299469343 / PIN BB 28DA1884

Tidak ada komentar:

Posting Komentar